Penebaran 5.000 Benih Ikan di Bendung Boro

Penebaran 5.000 Benih Ikan di Bendung Boro
Sebelum puncak kegiatan Hari Pers Nasional Kabupaten Purworejo Tahun 2009, berupa Tasyakuran dan Peresmian Pressroom, terlebih dahulu para kulitinta yang bekerja di wilayah Kabupaten Purworejo bersama Bupati Purworejo H Kelik Sumrahadi, SSos, MM menebarkan benih ikan Nila sebanyak 5.000 ekor di Bendung Boro, Sabtu (28/3).

Penanaman Pohon Langka di Gegermenjangan

Penanaman Pohon Langka di Gegermenjangan
Rangkaian kegiatan puncak Hari Pers Nasional Kabupaten Purworejo Tahun 2009, berupa penanaman 300 pohon langka di Kawasan Potensi Wisata Gegermenjangan, Sabtu (28/3).

Senin, 07 Juli 2008

Jembatan Sembir Agustus 2008 Selesai Dibangun

Jembatan Sembir yang membentang di atas Sungai Bogowonto, menghubungkan antara Kecamatan Bagelen dengan Kecamatan Purwodadi, Agustus 2008 mendatang rencananya selesai dibangun. Pembangunannya hingga, Senin (7/7) ini telah mencapai 80 persen. Jembatan dengan lebar 5 m dan panjang 90 m tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 6,6 milliar. Pembangunannya dibagi dalam dua tahap, untuk membangun pondasi dan tiang jembatan dialokasikan dalam APBD II Tahun 2007, sebesar Rp 2,85 milliar. Sedangkan sisanya teranggarkan dalam APBD II Tahun 2008 sebesar Rp 3,75 milliar, untuk membangun badan jembatan.

Sebelumnya rencana pembangunan Jembatan Sembir tersebut sudah berkali-kali diusulkan oleh masyarakat setempat. Namun selalu kandas ditengah jalan. Sewaktu Bupati Purworejo dijabat oleh Drs. H Goernito, rencana pembangunannya telah menjadi prioritas utama. Namun semasa Bupati Purworejo dijabat oleh H Marsaid, SH, MSi, rencana pembangunan Jembatan Sembir yang tinggal menunggu persetujuan DPRD tadi dihapus dari draf yang ada. Dengan alasan waktu itu tidak ada dana. Sampai-sampai muncul rumor, kekalahan Marsaid, dalam pencalonannya di pilbup kemarin di Kecamatan Bagelen dan Kecamatan Purwodadi, karena Marsaid menghapus rencana tadi.

Antusiasnya warga terhadap pembangunan Jembatan Sembir tak berhenti sampai di situ. Mereka terus berusaha guna mewujudkannya. Bahkan sampai muncul opsi dibangun jembatan gantung. Namun hal itupun urung dilaksanakan. Hingga suatu saat muncul ide dari pendatang membuat jembatan sederhana dan dikomersilkan. Namun karena rapuh kontruksinya, jembatan tadi hanyut terbawa derasnya arus Sungai Bogowonto. Barulah pada masa pemerintahan Bupati Purworejo dijabat oleh H Kelik Sumrahadi, SSos, MM, usul warga Kecamatan Bagelen dan warga Kecamatan Purwodadi itu mendapat perhatian khusus. Sehingga rencana pembangunannya masuk prioritas utama dan kini sudah menjadi kenyataan. (Yuyun)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

dengan adanya jembatan sembir,akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi didaerah purwodadi maupun bagelen....,


from wonosobo with mie ongklok/putra baledono