Penebaran 5.000 Benih Ikan di Bendung Boro

Penebaran 5.000 Benih Ikan di Bendung Boro
Sebelum puncak kegiatan Hari Pers Nasional Kabupaten Purworejo Tahun 2009, berupa Tasyakuran dan Peresmian Pressroom, terlebih dahulu para kulitinta yang bekerja di wilayah Kabupaten Purworejo bersama Bupati Purworejo H Kelik Sumrahadi, SSos, MM menebarkan benih ikan Nila sebanyak 5.000 ekor di Bendung Boro, Sabtu (28/3).

Penanaman Pohon Langka di Gegermenjangan

Penanaman Pohon Langka di Gegermenjangan
Rangkaian kegiatan puncak Hari Pers Nasional Kabupaten Purworejo Tahun 2009, berupa penanaman 300 pohon langka di Kawasan Potensi Wisata Gegermenjangan, Sabtu (28/3).

Kamis, 10 Juli 2008

520 Penari Dolalak Awali Pembukaan Gelar Pendidikan dan Budaya


Sebanyak 520 siswa dari 31 SD/MI se-Kecamatan Bagelen membawakan Tari Dolalak kolosal garapan Sanggar Seni Paseban Bagelen pimpinan Rianto Purnomo bersama Pamong Budaya Eko Marsono, SKar. Penari tradisional trade mark Purworejo tersebut nyaris memenuhi Lapangan SD Negeri Semawung, Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang cukup luas tersebut. Sepanjang sejarah di Kabupaten Purworejo, tarian kolosal ini merupakan tarian terbanyak hingga saat ini, yang melibatkan sampai ratusan anak.

Tarian kolosal tadi menjadi tarian utama sebagai pembuka acara Gelar Pendidikan dan Budaya Tingkat Kabupaten Purworejo, yang dilaksanakan Rabu, (9/7) lalu. Dengan ditandai pemukulan Gong, acara dibuka langsung oleh Bupati Purworejo H Kelik Sumrahadi, SSos, MM. Mengusung tema “Gerbang Siswa Cerdas Serta Penuh Kreatifitas,” kegiatan tersebut dibagi dalam dua jenis, yaitu pentas seni dan pameran hasil karya anak didik.

Pentas seni maupun pameran itu diikuti oleh 46 kontestan. Sejumlah 15 peserta dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan yang ada di Kabupaten Purworejo dan 31 peserta dari TK, SD/MI yang ada di wilayah UPTD Kecamatan Bagelen. Rencananya kegiatan ini akan dijadikan sebagai kegiatan rutin taunan untuk mengisi liburan panjang akhir tahun ajaran. Untuk tahun depan rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Bener.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan sebagai komitmen pemerintahannya, pendidikan didudukkan sebagai salah satu prioritas program pembangunan Kabupaten Purworejo yang harus diwujudkan selain bidang kesehatan, pertanian dan infrastruktur. “Oleh karenanya, saya selaku orang yang dituakan, menyambut baik atas segala upaya guna mewujudkan sebuah pendidikan yang lebih baik,” kata Bupati. “Seperti adanya Gelar Pendidikan dan Budaya di SD Negeri Semawung, Krendetan ini,” tambahnya.

Lebih jauh Bupati berharap kegiatan ini hendaknya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh. Ia juga berkeinginan untuk dapat mewujudkan pendidikan yang dapat dikenyam oleh segala lapisan masyarakat dan bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat. (Yuyun)

Tidak ada komentar: