Penebaran 5.000 Benih Ikan di Bendung Boro

Penebaran 5.000 Benih Ikan di Bendung Boro
Sebelum puncak kegiatan Hari Pers Nasional Kabupaten Purworejo Tahun 2009, berupa Tasyakuran dan Peresmian Pressroom, terlebih dahulu para kulitinta yang bekerja di wilayah Kabupaten Purworejo bersama Bupati Purworejo H Kelik Sumrahadi, SSos, MM menebarkan benih ikan Nila sebanyak 5.000 ekor di Bendung Boro, Sabtu (28/3).

Penanaman Pohon Langka di Gegermenjangan

Penanaman Pohon Langka di Gegermenjangan
Rangkaian kegiatan puncak Hari Pers Nasional Kabupaten Purworejo Tahun 2009, berupa penanaman 300 pohon langka di Kawasan Potensi Wisata Gegermenjangan, Sabtu (28/3).

Kamis, 10 Juli 2008

Dolalak, Kambing Etawa dan Wayang Fiber Dipatenkan

Tari Dolalak, Kambing Peranakan Etawa (PE) Ras Kaligesing serta Wayang Fiber tahun ini sudah didaftarkan ke Ditjend Hak Cipta dan Paten Departemen Hukum dan HAM (Depkumham) pusat. Semua sudah diproses, kita tinggal menantikan turunnya hak cipta dari Depkumham. Sehingga ketiga hal tadi merupakan milik Kabupaten Purworejo, tidak lagi bisa diakui oleh lain daerah atau lain negara. Karena sudah dipatenkan dan kita mempunyai surat lisensinya.

Demikian diungkapkan oleh Bupati Purworejo H Kelik Sumrahadi, SSos, MM, di sela-sela kegiatan Gelar Pendidikan dan Budaya Tingkat Kabupaten Purworejo Tahun 2008. Yang penyelenggaraannya di pusatkan di Lapangan SD Negeri Semawung, Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (9/7) lalu. “Saya memprogramkan khusus untuk Tari Dolalak, taun ini bisa diselenggarakan gelar Tari Dolalak kolosal,” ungkap Kelik. “Kita juga akan mengundang MURI untuk mencatat pemecahan rekor Tari Dolalak kolosal terbanyak di dunia,” imbuhnya.

Kelik mengaku sangat terharu ketika menyaksikan Tari Dolalak Kolosal yang dibawakan oleh 520 anak SD dan MI di Kecamatan Bagelen dalam pembukaan acara tersebut. Sekaligus mengingatkan dirinya untuk merealisasikan pendaftaran hak ciptanya serta menggelar Tari Dolalak Kolosal untuk memecahkan rekor MURI. Hal itu dilakukan oleh Pemkab Purworejo agar tari asli Kabupaten Purworejo, tidak diserobot oleh daerah lain. Mengingat kini di luar wilayah Kabupaten Purworejo Tari Dolalak banyak diminati.

Sebab menurut penilaian beberapa pihak, Tari Dolalak ini dari luar terkesan bagus sekali, namun dari dalam bisa dikatakan keropos. Hal tersebut bisa dilihat dari semakin sepinya tanggapan Tari Dolalak di daerah sendiri dan diikuti oleh semakin langkanya grup Tari Dolalak yang masih eksis. Oleh sebab itu menurut Bupati perlu adanya kerjasama yang baik dalam melestarikan kesenian tradisional peninggalan para leluhur, yang nota bene asli milik masyarakat Purworejo. “Mari dari semua pihak saya ajak untuk bersama-sama mewujudkan hal itu,” ujarnya. (Pio)

Tidak ada komentar: